PROPOSAL KERJASAMA : PENAWARAN PEMBIAYAAN BRI SYARIAH KANTOR CABANG JAKARTA BARAT

PROPOSAL KERJASAMA
“PENAWARAN PEMBIAYAAN BRI SYARIAH
KANTOR CABANG JAKARTA BARAT”

Dosen Pengampu:
Yoyok Setiawan, MM



Disusun Oleh
NANA RITIANA
NIM. 1742143187



JURUSAN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
IAIN TULUNGAGUNG
2017

PROPOSAL KERJASAMA
PENAWARAN PEMBIAYAAN BRI SYARIAH KANTOR CABANG JAKARTA BARAT

A. Latar belakang
Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang memiliki fungsi intermediari, yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 tahun 1998, pembiayaan adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat di-persamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dan pihak lain yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil.
Salah satu bank syariah yang memiliki komitmen untuk membidik sektor usaha mikro sebagai segmentasi pasarnya adalah BRISyariah. Bank BRISyariah masih tergolong baru namun pertumbuhan asetnya tergolong sangat baik dan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Sebagai sebuah badan usaha tentunya bank BRISyariah terlalu berani dalam menyalurkan pembiayaannya, hal tersebut terlihat dari dana yang disalurkan untuk pembiayaan lebih besar dari pada dana pihak ketiga yang dimiliki oleh bank.
Namun dilihat dari tingkat Non performing Financ-ing (NPF) yang dimiliki oleh bank BRISyariah pada tahun 2013 ialah sebesar 3,26%, artinya bank BRISyariah masih tergolong aman dalam pengelolaan pembiayaan yang dis-alurkan (Publikasi Laporan Keuangan Tahunan BRISyariah, 2013). Dalam menyalurkan pembiayaan pada sektor mikro BRISyariah memiliki kebijakan dan prosedur dimana terdapat pembagian tugas dan wewenang yang terkoordinir pada divisi mikro BRISyariah di setiap kantor cabang dan kantor cabang pembantu.
Berdasarkan Berkaitan dengan rencana penambahan modal kerja PT. EXO Planet tahun 2017, kami atas nama BRI Syariah bermaksud menawarkan produk pembiayaan kami sebagai penunjang rencana tersebut. Sebagai informasi, kami merupakan Bank yang menggunakan prinsip syariah, dimana dalam system operasionalnya kami tidak mengenal adanya bunga, akan tetapi kami menggunakan prinsip bagi hasil.

B. Tujuan
Tujuan dari adanya kerjasama BRI Syariah dengan PT. EXO Planet sebagai perusahaan property adalah pertukaran yang saling menguntungkan, baik dari pihak BRI Syariah maupun pihak PT. EXO Planet tengah berupaya mengembangkan diri menjadi perusahaan yang lebih besar, maka kami menawarkan adanya kerjasama pembiayaan terhadap penambahan modal kerja perusahaan dengan system bagi hasil seseuai kesepakatan.

C. Manfaat
Manfaat dari adanya kerjasam ini adalah:
1. Perusahaan anda dapat memperoleh pembiayaan dana segar yang siap dicairkan sewaktu-waktu.
2. Adanya bagi hasil yang saling menguntungkan.
3. Membantu meningkatkan jumlah produksi perusahaan anda dengan adanya tambahan modal kerja.

D. Profil BRI Syariah
1. Gambaran Umum Bank BRI Syariah
Berawal dari akuisisi PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terhadap Bank Jasa Arta pada 19 Desember 2007 dan setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada 16 Oktober 2008 melalui suratnya No.10/67/KEP.GBI/DpG/2008, maka pada tanggal 17 November 2008 PT. Bank BRI Syariah secara resmi beroperasi PT. Bank BRI Syariah merubah kegiatan usaha yang semula beroperasional secara konvensional, kemudian diubah menjadi kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariah Islam.
Dua tahun lebih PT. Bank BRI Syariah hadir mempersembahkan sebuah bank ritel modern terkemuka dengan layanan financial sesuai kebutuhan nasabah dengan jangkauan termudah untuk kehidupan lebih bermakna. Melayani nasabah dengan pelayanan prima (service excellence) dan menawarkan beragam produk yang sesuai dengan harapan nasabah dengan prinsip syariah.
Kehadiran PT. Bank BRI Syariah di tengah-tengah industry perbankan nasional dipertegas oleh makna pendar cahaya yang mengikuti logo perusahaan. Logo ini menggambarkan keinginan dan tuntunan masyarakat terhadap sebuah bank modern sekelas PT. Bank BRI Syariah yang mampu melayani masyarakat dalam kehidupan modern. Kombinasi warna yang digunakan merupakan turunan dari warna biru dan putih sebagai benang merah dengan brand PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Aktivitas PT. Bank BRI Syariah semakin kokoh setelah pada 19 Desember 2008 ditandatangani akta pemisahan Unit Usaha Syariah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk melebur ke dalam PT. Bank BRI Syariah (proses spin off) yang berlaku efektif pada tanggal 1 januari 2009. Penandatangan dilakukan oleh Bapak Sofyan Basir selaku Direktur Utama PT. Bank BRI (Persero) Tbk dan Bapak Ventje Rahardjo selaku Direktur Utama PT. Bank BRI Syariah.
PT. BRI Syariah menjadi bank syariah ketiga terbesar berdasarkan asset PT. BRI Syariah tumbuh dengan pesat baik dari sisi asset, jumlah pembiayaan dan perolehan dana pihak ketiga. Fokus pada segmen menengah bawah, PT. Bank BRI Syariah menargetkan menjadi bank ritel modern terkemuka dengan berbagai ragam produk dan pelayanan perbankan.
Sesuai dengan visinya, saat ini PT. BRI Syariah merintis sinergi dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan memanfaatkan jaringan kerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai Kantor Layanan Syariah dalam mengembangkan bisnis yang berfokus kepada kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan kegiatan consumer berdasarkan prinsip Syariah.
2. Visi dan Misi PT. Bank BRI Syariah
a. Visi
Menjadi bank ritel modern terkemuka dengan ragam layanan finansial sesuai kebutuhan nasabah dengan jangkauan termudah untuk kehidupan lebih bermakna.
b. Misi
a) Memahami keragaman individu dan mengakomodasi beragam kebutuhan finansial nasabah.
b) Menyediakan produk dan layanan yang mengedepankan etika sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
c) Menyediakan akses ternyaman melalui berbagai sarana kapan pun dan dimana pun.
d) Memungkinkan setiap individu untuk meningkatkan kualitas hidup dan menghadirkan ketentraman pikiran.
3. Budaya Kerja Bank BRI Syariah
1) Profesional
Kesungguhan dalam melakukan tugas sesuai dengan teknis dan etika yang telah ditentukan.
2) Antusias
Semangat atau dorongan untuk berperan aktif dan mendalam pada setiap aktifitas kerja.
3) Penghargaan terhadap SDM
Menempatkan dan menghargai karyawan sebagai modal utama perusahaan dengan menjalankan upaya-upaya yang optimal mulai dari perencanaan, perekrutan, pengembangan dan pemberdayaan SDM yang berkualitas, serta memperlakukannya baik sebagai individu maupun kelompok berdasarkan azas saling percaya, terbuka, adil dan menghargai.
4) Tawakal
Optimisme yang diawali dengan doa yang sungguh-sungguh, dimanifestasikan dengan upaya yang sungguh-sungguh dan diakhiri dengan keikhlasan atas hasil yang dicapai.
5) Integritas
Kesesuaian antara kata dan perbuatan dalam menerapkan etika kerja, nilai-nilai, kebijakan dan peraturan organisasi secara konsisten sehingga memegang teguh etika profesi dan bisnis, meskipun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya.
6) Berorientasi Bisnis
Tanggap terhadap perubahan dan peluang, selalu berpikir dan berbuat untuk menghasilkan nilai tambah dalam pekerjaannya.
7) Kepuasan Pelanggan
Memiliki kesadaran, sikap serta tindakan yang bertujuan memuaskan pelanggan eksternal dan internal dilingkungan perusahaan.

E. Produk Pembiayaan yang di Tawarkan
Berikut produk pembiayaan beserta penjelasan yang ditawarkan oleh Bank BRI Syariah guna menambah modal kerja PT. EXO Planet:
1) Qardh Beragun Emas BRISyariah iB (d.h Gadai)
Gadai BRISyariah iB hadir untuk memberikan solusi memperoleh dana tunai untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak ataupun untuk keperluan modal usaha dengan proses cepat, mudah, aman dan sesuai syariah untuk ketentraman Anda.
• Manfaat
Pilihan tepat, penuh manfaat serta lebih berkah karena pembiayaan sesuai syariah.
• Fasilitas
Persyaratan mudah dan proses cepat
- Jenis emas yang dapat digadaikan : perhiasan ataupun emas batangan (LM atau lokal)
- Nilai pinjaman maksimal 95% untuk emas lantakan dan 90% emas perhiasan dari nilai taksir emas BRISyariah dan maksimal pinjaman Rp 250 juta/orang
- Biaya administrasi ringan dan terjangkau bersadarkan berat emas
- Biaya simpan & pemeliharaan per 10 harian dibayar pada saat pelunasan pinjaman
- Jangka waktu pinjaman maksimal 120 hari dan dapat diperpanjang tanpa batas maksimal dengan menggunakan taksiran terkini
- Fleksibilitas dalam pelunasan sesuai kemampuan
- Dapat dilunasi sebelum jatuh tempo tanpa biaya penalty
- Penyimpanan yang aman dan berasuransi syariah
- Mendapat Sertifikat Gadai Syariah (SGS) sebagai bukti Gadai
• Persyaratan
- KTP
- Membuka rekening Tabungan BRISyariah iB (jika belum memiliki)
• Biaya Administrasi
No. Berat Emas Biaya Admin
1 < 50 gr Rp 20,000
2 ≤50 gr - < 100 gr Rp 40,000
3 ≤100 gr - < 250 gr Rp 75,000
4 ≤250 gr Rp 100,000

2) Corporate Financing
Pembiayaan Modal Kerja
• Manfaat
Memenuhi kebutuhan modal kerja perusahaan, baik modal kerja regular maupun musiman
• Keuntungan
- Struktur pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan jadwal
- Pembayaran berdasarkan cashflow yang disepakati bersama
• Persyaratan
a) Data legalitas perusahaan
- Akta pendirian dan perubahan
- SIUP, NPWP, TDP
- Perijinan dan data lain yang diperlukan
b) Data keuangan
- Laporan keuangan
- Rekening Koran
c) Data keuangan lain
- Informasi kebutuhan modal kerja
- Data lain bila diperlukan
• Pembiayaan Investasi
Manfaat: Memenuhi kebutuhan investasi / capex nasabah
• Keuntungan
Pembelian investasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan cashflow perusahaan.
• Persyaratan
a) Data legalitas perusahaan
- Akta pendirian dan perubahan
- SIUP, NPWP, TDP
- Perijinan dan data lain yang diperlukan
b) Data keuangan
- Laporan keuangan
- Rekening Koran
- Data keuangan lain
c) Data investasi yang diperlukan
- Barang yang dibeli
- Feasibility study
d) Data lain bila diperlukan
• Jasa-Jasa Lainnya
- Bank Garansi
- Referensi Bank
3) Pembiayaan Mikro
Produk Plafond (Juta) Tenor
Mikro 25iB 5-25 6-36
Mikro 75iB 5-75 6-60*
Mikro 500iB 75-500 6-60*
*Tenor dapat hingga 60 bulan dengan ketentuan khusus

• Pesyaratan Dokumen (Umum)
Produk Mikro 25ib Mikro 75ib Mikro 500ib
FC KTP Calon Nasabah & Pasangan v v v
Kartu Keluarga & Akta Nikah v v v
Akta Cerai/ Surat Kematian Pasangan v v v
Surat Izin Usaha/ Surat keterangan Usaha v v v

• Persyaratan Dokemen (Khusus)
Produk Mikro 25ib Mikro 75ib Mikro 500ib
Jaminan v v v
NPWP x v* v*
*Untuk plavon 50 juta wajib melampirkan NPWP

• Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia dan berdomisili di indonesia.
- Usia minima 21 tahun/ telah menikah untuk usia diatas 18 tahun.
- Wiraswasta yang usahanya sesuai prinsip syariah.
- Lama Usaha Calon Nasabah
o Untuk Mikro 75iB, lama usaha minimal 2 tahun
o Untuk Mikro 25iB, lama usahanya minima 3 tahun
- Tujuan pembiayaan untuk tujuan modal kerja, investasi dan konsumtif
- Jaminan atas nama milik sendiri atau pasangan atau orang tua atau anak kandung.

F. Fasilitas
Sebagai Bank yang bervisi menjadi Bank Retail Modern, BRIS menyediakan layanan Electronic Banking atau E-Banking untuk memenuhi kebutuhan Anda akan layanan melalui media elektronik untuk melakukan transaksi perbankan, selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM.
Dengan Electronic Banking BRIS, Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor–kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan praktis melalui jaringan elektronik seperti internet dan telepon genggam dan telepon.
Contohnya adalah transfer dana antar rekening maupun antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa isi ulang atau pengecekan saldo dan mutasi rekening.
• Keuntungan layanan Electronic Banking :
- Mudah
- Dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
- Hanya dengan menggunakan perintah melalui kompter dan atau alat komunikasi yang anda gunakan dapat langsung melakukan transaksi perbankan tanpa datang ke kantor BRIS.
o Aman
o Produk Electronic Banking BRIS dilengkapi dengan security user ID dan PIN untuk menjamin keamanan atas transaksi yang Anda lakukan
o Transaksi financial melalui CMS dilengkapi dengan key token untuk mengamankan transaksi Anda.
• Cara mendapatkan layanan Electronic Banking BRIS:
Anda yang telah memiliki rekening Tabungan BRIS iB atau Giro BRIS iB dapat mengajukan layanan E-Banking Group yang meliputi Cash Management System, E –payroll dan SMS Banking dengan menghubungi kantor cabang BRIS terdekat.
• Produk Electronic Banking BRIS
1. Kartu ATM dan kartu Debit BRIS
Kartu ATM dan kartu Debit BRIS adalah kartu khusus yang diberikan oleh BRIS kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis atas rekening tersebut. Pada saat kartu digunakan bertransaksi akan langsung mengurangi dana yang tersedia pada rekening.
Apabila digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM, maka disbut sebagai kartu ATM. Sedangkan apabila digunakan untuk transaksi pembayaran dan pembelanjaan non tunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu debit.
Kartu ATM BRIS dapat digunakan di seluruh jaringan ATM BRIS, ATM BRI, ATM Prima dan ATM Bersama, untuk jenis transaksi sbb :
- Penarikan tunai
- Transfer dana
- Informasi saldo dan mutasi rekening
- Pembayaran PLN, Telkom, Zakat, Infak
- Pembelian pulsa isi ulang
2. Kartu Co-Branding BRIS
Adalah kartu ATM yang diterbitkan oleh BRIS bekerjasama dengan nasabah institusi untuk para anggota atau konsumennya. Kartu co-branding mempunyai manfaat yang sama dengan kartu ATM atau kartu Debit BRIS, dengan keunggulannya adalah desain kartu yang sepenuhnya ditentukan oleh nasabah institusi.
• Manfaat kartu Co-Branding BRIS adalah :
- Sebagai kartu identitas yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari
- Meningkatkan loyalitas anggota / konsumen kepada institusi yang bekerjasama dengan BRIS untuk menerbitkan kartu, karena kartu anggotanya prestisius
- Meningkatkan corporate image institusi
3. Cash Management System
Anda, khususnya nasabah perusahaan, saat ini telah dapat melakukan transaksi perbankan baik financial maupun non financial melalui komputer Anda yang terhubung dengan jaringan system BRIS.
• Jenis Transaksi yang dapat dilakukan :
- Informasi Saldo Rekening
- Informasi Mutasi Rekening
- Transfer dana ke rekening BRIS
- E-Payroll
- Pembayaran tagihan, misalnya PLN, Telkom dan lainnya.

4. University / School Payment System (SPP)
Adalah system pembayaran (bill payment) sekolah atau universitas yang dibuatkan BRIS untuk memudahkan para siswa / mahasiswa untuk melakukan pembayaran biaya pendidikannya melalui layanan perbankan secara online.
• Manfaat produk ini :
- Bagi Siswa / Mahasiswa
- Dapat melakukan pembayaran pendidikan kapan saja dan dimana saja
- Melakukan pembayaran pendidikan secara mudah, aman, nyaman dan akurat.
• Bagi Sekolah / Perguruan Tinggi
- Memudahkan dalam mengadministrasikan pembayaran siswa / mahasiswa
- Mendapatkan laporan pembayaran yang akurat dan tepat waktu
- Aplikasi SPP BRIS dapat dengan mudah diintegrasikan dengan system yang sudah ada di sekolah / perguruan tinggi
- Dapat mengakomodir berbagai jenis pembayaran pendidikan di sekolah / perguruan tinggi.
5. SMS Banking
Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message services).
• Jenis Transaksi yang dapat dilakukan :
- Informasi saldo
- Transfer dana ke rekening BRIS
- Pembayaran PLN dan Telkom
- Pembelian pulsa isi ulang
• Cara mendapatkan layanan SMS Banking BRIS :
- Melakukan registrasi melalui ATM BRIS
- Mendatangi kantor cabang BRIS terdekat
6. BRIS Remittance
Adalah layanan pengiriman/penerimaan uang dengan metode notifikasi melalui telepon seluler/handphone (Short Message Service, SMS) dimana penerima dapat mencairkan uang tersebut dengan menunjukkan notifikasi SMS yang diterima di telepon selular yang didaftarkannya.
BRIS remittance member kemudahan pengirim dan penerima uang untuk mengirimkan uangnya tanpa harus membuka rekening di Bank.
BRIS Remittance melayani pengiriman uang secara domestic dan dari luar negeri, khususnya dari Malaysia, Hongkong dan segera menyusul dari Jepang. Pengambilan uang dapat dilakukan di seluruh Kantor BRIS. Untuk pengiriman dari Luar Negeri, BRIS bekerjasama dengan mitra.
• Biaya pengiriman sangat terjangkau yaitu :
- Dalam Negeri : Rp. 10.000,- / transaksi
- Malaysia : RM 10 / transaksi
- Hongkong : HD 30 / transaksi
• Batasan transaksi pengiriman :
- Maksimal pengiriman uang Rp. 5.000.000.-/transaksi.
- Maksimal pengiriman uang Rp. 10.000.000,-/hari.
- Maksimal pengiriman uang Rp 30.000.000,-/bulan.
7. Electronic Data Capture (EDC) Mini ATM BRIS
EDC Mini ATM Adalah alat transaksi berbentuk Electronic Data Capture untuk menerima transaksi baik berbasis tunai maupun berbasis kartu .
• Transaksi yang dapat dilakukan di EDC Mini ATM BRIS :
- Informasi Saldo
- Transfer dana ke rekening BRIS
- Pembayaran : PLN, Telkom, Zakat, Infak
- Pembelian pulsa isi ulang
- Penyetoran angsuran pembiayaan UMS BRIS

G. Kantor Cabang
Berikut alamat kantor cabang PT. BRI Syariah yang ada di Jakarta Barat:
1. KC Kebon Jeruk
Jl. Lapangan Bola No. 5A-B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, JK
No. Telp : -
Fax : -
2. KCP Palmerah
Jl. Palmerah Barat No. 32F, Jakarta Barat, JK
No. Telp : 021-53678860 / 5361716
Fax : -
3. KCP Intercon
Ruko Intercon Plaza Blok A No. 5, Jakarta Barat, JK
No. Telp : 021-5864875
Fax : -

H. Penutup
Demikian lembar proposal ini kami buat, tanpa mengurangi rasa hormat, kami akan sangat berterimakasih apabila pihak anda dapat memberikan balasan berupa jawaban atas penawaran yang kami ajukan. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Account Officier


Nana Ristiana

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISNIS INTERNASIONAL : MANAJEMEN STRATEGI INTERNASIONAL

Fiqh Muamalah Kontemporer : SAHAM DAN OBLIGASI SYARIAH

Lyrics Jennie (Blackpink) - SOLO [Hangul + Romanized + English Translation]